Kalau gaji saya seperti di Perancis


Pagi di Penanjakan

Je m’appelle Eben. Et Vous Comment Vous Appel-ez vous,?”

Begitulah saya mengawali pembicaraan dengan tiga pemuda Perancis yang kebetulan berada dalam satu kendaraan dengan saya dalam perjalanan dari lokasi Penanjakan menuju Kawah Bromo, akhir pekan kemarin. Kebetulan, dari desa Cemoro Lawang tempat kami menginap, kami patungan menyewa Jeep untuk membawa kami menyaksikan matahari terbit di Penanjakan

Saya berani memperkenalkan diri menggunakan bahasa Perancis meski hanya kalimat perkenalan itu yang saya tahu. Tentu saja, sebelum mengucapkan kalimat ini saya mendahuluinya dengan pernyataan dalam bahasa Inggris, bahwa saya tidak tahu banyak tentang bahasa Perancis.

”I can’t speak French. But i can speak this : Je m’appelle Eben. Et Vous Comment Vous Appel-ez vous?,” kata saya agar mereka tidak menganggap saya fasih berbahasa Perancis.

Inilah tiga kawan Perancis yang saya temui di Bromo. Sayang saya tidak bisa mengingat nama mereka masing-masing.
Inilah tiga kawan Perancis yang saya temui di Bromo. Sayang saya tidak bisa mengingat nama mereka masing-masing.

Mendengar kalimat yang saya sampaikan, mereka bertiga tersenyum lebar. Satu persatu kemudian memperkenalkan dirinya menggunakan bahasa Perancis. Sayangnya, cara mereka melafalkan nama terasa unik di telinga saya. Bahkan, satu-satunya dari mereka yang berambut ikal dan pendek, harus mengulang pelafalan namanya sampai tiga kali.

Dan sampai saat ini saya masih tidak bisa mengingat nama mereka…

Oke, daripada menggunakan nama fiktif, sebaiknya saya pilih untuk tidak memaksa menulis nama mereka di tulisan ini. Mereka pastinya memiliki kebanggaan atas nama yang masing-masing mereka sandang. Kalau bukan korban maupun pelaku kejahatan, sebaiknya nama mereka tak perlu dibuat fiktif alias disamarkan.

Omong-omong, saya memilih menggunakan bahasa Perancis untuk memperkenalkan diri kepada mereka, bukan untuk memamerkan kemampuan saya dalam menghafal kosakata Perancis yang sebenarnya tidak pantas untuk dipamerkan.

Penggunaan kalimat dalam kosakata Perancis ini saya pilih, semata agar tercipta keakraban. Saya tidak ingin perjalanan singkat ke Bromo yang mempertemukan kami, berlalu begitu saja tanpa kesan.

Selama percakapan-percakapan selanjutnya yang kian gayeng, three musketeers yang usianya masih di bawah 25 tahun ini bercerita perjalanan mereka selama sebulan belakangan. Mereka bilang, sebelum tiba di Bromo, mereka lebih dulu berkunjung ke Thailand, dilanjutkan kemudian ke Australia, Bali, dan Yogyakarta. Setelah Bromo, melalui penerbangan dari Surabaya, mereka berencana mengunjungi Sumatera untuk melihat Orang Utan yang hidup di Nanggroe Aceh Darussalam.

Mendengar begitu banyaknya tujuan perjalanan mereka, saya kemudian bertanya apa pekerjaan mereka. Mahasiswa? Atau staf kantoran?

We are carpenter,” jawab satu dari mereka yang mengenakan baju sweater bertudung hitam.

Yup. Di negaranya, mereka masing-masing adalah pegawai di sebuah bengkel pembuatan perabot kayu. Saya tidak berani bertanya berapa gaji yang mereka peroleh karena itu sudah masuk terlalu dalam menyentuh privasi mereka.

Mengetahui apa pekerjaan mereka, saya tidak heran mereka bisa berkeliling Indonesia dalam jangka waktu yang cukup lama. Setahu saya, Perancis adalah negara di Eropa yang standar gaji bulanannya terbesar kedelapan, yakni setara Rp 35,7 juta perbulan.

Standar gaji bulanan itu berlaku di tahun 2012. Dengan asumsi kenaikan perbulan mencapai 1 persen, maka di tahun 2014, kira-kira gaji minimal yang mereka terima perbulan bisa mencapai Rp 36,4 juta perbulan.

Saya jadi membayangkan. Kalau saja standar gaji di Indonesia mencapai angka tersebut, mungkin tak butuh waktu lama bagi saya untuk berkeliling nusantara dalam beberapa tahun.

Saya tidak mau kalah oleh tiga anak muda dari Perancis ini.

Itu pun kalau bisa mengambil cuti panjang setiap tahun.🙂

 

Leave a Reply

