AirAsia Blogger Community 2015 (#AABC2015) Part I : Tuhan Mendengar Doa Para Blogger


Siapa sih yang berani menolak liburan gratis? Makanya, saat Nia Novelia dari AirAsia Indonesia menghubungi saya, Kamis, 21 Mei 2015, untuk gabung dalam AirAsia Blogger Community (AABC 2015) yang akan berlangsung di Bangkok, Thailand, aku nggak berani menolak. Begitu sambungan telepon berakhir, malam itu juga aku mulai urus cuti ke kantor. Puji Tuhan, permohonan cuti lolos. Tuhan memang mendengar doa para blogger yang butuh liburan.

AABC 2015 adalah agenda tahunan AirAsia yang digelar dari satu negara ke negara lain. Kalau tahun 2014 kemarin Malaysia jadi tuan rumah, tahun ini giliran Thailand. Di ajang itu, ratusan blogger dari berbagai negara tumplek blek jadi satu. Di antaranya dari Malaysia, Jepang, Taiwan, Korea, Myanmar, Vietnam, Indonesia, dan tentu saja blogger tuan rumah juga ikut gabung.

Indonesia sendiri kebagian jatah mengirimkan 12 blogger. Tiga di antaranya adalah pemenang kompetisi blog 10 tahun AirAsia Indonesia tahun 2014 kemarin. Waktu lihat blog-blog peserta lain dari Indonesia, aku yang beruntung pernah jadi juara ketiga kompetisi blog 10 tahun AirAsia Indonesia jadi agak minder. Maklum, blog-blog mereka memang wow! Beda banget sama blog ini, kudet alias kurang updet.

Tapi balik lagi pertanyaannya, siapa sih yang berani menolak liburan gratis? Apalagi tiket pesawat, hotel, dan akomodasi lain ditanggung AirAsia sepenuhnya. Belum lagi layanannya pake Red Carpet dan Tune Insure pula. Wah, kebangetan kalau nolak. Jadi begitu izin cuti turun, langsung deh kirim-kirim dokumen yang diminta Nia, di antaranya paspor dan KTP.

+++

Malam. H minus 1, aku berangkat dari Surabaya menuju Bandara Soekarno Hatta di Cengkareng. Sengaja pilih penerbangan terakhir karena kami (Nia dan blogger-blogger lainnya) janji ketemuan di terminal 3 Soekarno Hatta jam 5 pagi. Penerbangan kami ke Bangkok, diagendakan jam 06.55 pagi menggunakan QZ 250.

Setengah dua belas malam sudah tiba di Soekarno Hatta. Dari terminal 1, menggunakan layanan shuttle bus gratis dari bandara, aku pindah ke terminal 3. Di terminal keberangkatan dan kedatangan internasional ini, sudah banyak orang yang tiduran di lantai bandara. Mereka tidak kebagian tempat di kursi-kursi panjang, di depan pintu kedatangan, yang sudah ditiduri orang-orang lain. Mereka sama seperti aku, sedang menunggu penerbangan pertama esok paginya.

Sampai jam 5 pagi mata ini masih bertahan melek. Satu buku bacaan dan sebungkus rokok memang sudah kusiapkan untuk begadang malam itu. Kopi? Cukup beli di resto bandara. Memang sedikit mahal sih, tapi mau gimana lagi? di terminal 3 nggak ada warung kopi coy!

Jam 4.30 pagi, satu persatu rombongan udah mulai sampai di terminal 3. Mita (teronggemuk.wordpress.com) datang paling awal. Juara 1 kompetisi blog 10 Tahun AirAsia Indonesia yang bulan April kemarin melancong ke Nepal ini langsung mencari aku di tempat yang tepat : Pojokan smoking area persis di depan pintu kedatangan.

Berturut-turut kemudian Wira (wiranurmansyah.com), Nurul (nurulnoe.com) pemenang kedua kompetisi blog 10 tahun AirAsia Indonesia. Setelah berempat sudah kumpul, kami masuk ke check-in area karena mereka bertiga mau salat subuh di musala, di dalam terminal tiga.

Tekno Bolang, Wira Nurmansyah, Nurul Noe, dan Mita
Tekno Bolang, Wira Nurmansyah, Nurul Noe, dan Mita “Teronggemuk” sudah sudah masuk terminal keberangkatan.

Saat antre masuk check-in area, calon penumpang lain sudah mengeluarkan kertas boarding pass masing-masing. Tetapi beda dengan kami berempat. Kepada petugasnya, kami cukup menunjukkan e-boarding pass di ponsel masing-masing. Dengan adanya ­e-boarding pass ini, penumpang memang nggak perlu lagi repot-repot ngeprint untuk bisa masuk ke bandara. Selain hemat waktu, hemat kertas juga kan!

E-boarding pass ini sebenarnya bukan barang baru. AirAsia Indonesia sudah meluncurkannya sejak 5 Mei 2015 untuk seluruh penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta. Untuk mendapatkannya, penumpang cuma perlu check in pakai aplikasi AirAsia Mobile yang bisa diunduh di Apple Appstore, Google Playstore, dan www.airasia.com.

Alur penggunaan e-boarding pass AirAsia

Buat pelanggan yang sudah pakai e-boarding pass dan tidak membawa bagasi, bisa langsung masuk ke boarding gate. Di sana, petugas AirAsia akan mencocokkan data pelanggan dengan kartu identitas dan memindai e-boarding pass. Dari sana, sebelum masuk ke pesawat, e-boarding pass itu juga wajib ditunjukkan ke awak kabin. Jadi sebelum masuk ke pesawat, pastikan dulu baterai ponsel tetap ada. Bawa powerbank kemana-mana ya, maklum di bandara colokan listrik terbatas.

Untuk sementara, e-boarding pass memang cuma tersedia untuk penerbangan dari Soekarno Hatta. Tapi ke depan pasti deh akan dikembangkan ke bandara lainnya.

Setelah kami berempat, satu persatu blogger lainnya mulai masuk ke check-in area. Ada mas Tekno Bolang (lostpacker.com), Teppy (thefreakyteppy.com), Heidy Kalalo (fashion-maverick.blogspot.com), Guntur dan Pao (LASTDAY Production), lalu Julia & Marius (anakjajan.com). Sudah jelas, kami semua juga didampingi Nia yang sudah totalitas menyiapkan segala sesuatunya untuk penerbangan kami, termasuk layanan RED CARPET yang bikin kami merasa seperti very very important person. Thanks Nia! You are very good at that!

Ehm, bersambung dulu ya. Udah kepanjangan nih. Setelah ini akan ada cerita lagi soal Red Carpet services, nyamannya terbang menggunakan Tune Insure, sampai cerita-cerita seru kumpul sama blogger-blogger lain dari berbagai negara di hotel Eastin Grand Hotel Sathorn.

2 thoughts on “AirAsia Blogger Community 2015 (#AABC2015) Part I : Tuhan Mendengar Doa Para Blogger

  1. Waah Eben, aku kalah start nih publish tulisan.😀 seru yaa bs check in n boarding tanpa ngeprint-ngeprint dokumen, pengalaman menariik

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s